Kita selalu bertanya dan Al-Qur'an sudah menjawabnya

Bismillahirrahmaanirrahiim,,,

:::::. Kita bertanya : Kenapa aku diuji?

Al-Qur'an menjawab, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,” Kami telah beriman, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar, dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta.” (QS. al-Ankabut 2-3)

:::::. Kita bertanya : Kenapa aku tak dapat apa yang aku idam-idamkan?

Al-Quran menjawab,” Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” [QS. al-Baqarah 216]


:::::. Kita bertanya : Kenapa ujian seberat ini?

Al-Qur'an menjawab,” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” [QS. al-Baqarah 286]


:::::. Kita bertanya : Kenapa kita rasa frustasi?



Al-Qur'an menjawab,” Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi darjatnya, jika kamu orang-orang yang beriman “ [QS. Ali Imran 139]


:::::. Kita bertanya : Bagaimana harus aku menghadapinya?

Al-Qur'an menjawab ,” Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan shalat, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” [QS. al-Baqarah 45]


:::::. Kita bertanya : Kepada siapa aku berharap..?

Al-Qur'an menjawab,” Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain daripadanya. Hanya kepadanya aku bertawakal” [QS. at-Taubah 129]


:::::. Kita bertanya : Apa yang aku dapat dari semua ujian ini?

Al-Qur'an menjawab ,” Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka” [QS. at-Taubah 111]


:::::. Kita berkata : Aku tak tahan.!

Al-Qur'an menjawab ,”....dan janganlah kamu ber putus asa dari pada rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa daripada rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.” [QS. Yusuf 12]


:::::. Kita berkata: Sampai kapan aku akan merana begini.?

Al-Qur'an menjawab,” Kerana sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan“ [QS. al-Insyirah 5-6]

Maha Benar ALLAH dengan segala firman-Nya.